Telur

Jika berbicara tentang telur, biasanya mengacu pada telur ayam. Padahal, ada banyak jenis telur lainnya dan bisa dimakan. Bahkan setiap jenis telur memiliki manfaat berbeda bagi kesehatan.

Berikut beberapa jenis telur yang Anda bisa rasakan manfaat nutrisinya, seperti dikutip dari Boldsky, Minggu (21/4/2013).

1. Telur ayam putih

Telur ayam putih merupakan jenis paling umum dari telur yang dimakan. Telur ayam putih kaya protein, kalsium, dan seng.

2. Telur ayam cokelat

Telur cokelat juga telur ayam, sama halnya dengan telur ayam putih. Bedanya, telur cokelat dihasilkan oleh ayam cokelat atau ayam merah. Nilai gizi pada telur putih dan telur cokelat terbilang sama.

3. Kaviar

Kaviar adalah telur ikan yang diberi garam dan diawetkan. Kaviar kaya antioksidan serta mengandung kekayaan mineral laut. Kaviar tidak hanya bergizi, tapi juga merupakan hidangan populer dengan harga mahal.

4. Telur puyuh

Telur puyuh merupakan telur burung yang ukurannya jauh lebih kecil dibanding telur ayam. Memiliki warna dasar putih dengan bintik cokelat serta hitam agak besar. Telur ini sangat bergizi karena kaya vitamin D dan B12.

5. Telur bebek

Telur bebek berwarna putih seperti telur ayam putih hanya bentuk lekukannya agak datar. Telur ini dipenuhi dengan kelompok vitamin B kompleks. Tapi, jangan konsumsi telur ini jika Anda cenderung memiliki alergi.

6. Telur kalkun

Telur kalkun jelas jauh lebih besar dibanding telur ayam. Telur ini populer di negara-negara yang terdapat populasi kalkun. Telur kalkun kaya akan kalsium RDA (kalsium yang dibutuhkan setiap hari untuk menjaga kesehatan).

7. Telur ayam kate

Telur ayam kate tampak seperti telur ayam umumnya, tapi ukurannya lebih kecil. Ayam kate sebenarnya sejumlah kecil dari jenis ayam. Hanya saja, telur ayam kate lebih kaya zat besi dan makanan yang bagus untuk wanita.

8. Telur angsa

Telur angsa merupakan telur burung terbesar. Rasanya mirip telur ayam, tapi lebih banyak protein.

9. Telur hilsa

Telur ikan hilsa sangat populer di India. Biasanya digoreng dengan adonan dan dimakan sebagai camilan. Telur hilsa kaya asam lemak Omega-3 dan bergizi bagi ibu hamil. (Zul/Mel)

telur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: