MEMENANGKAN PERSAINGAN BERDASARKAN ANALISA SWOT

MEMENANGKAN PERSAINGAN BERDASARKAN ANALISA SWOT

( Oleh ARIESA MELIYANTI )

 

 

I .LATAR BELAKANG

Barangkali tidak ada yang menduga sebelumnya bahwa binis kredit mikro akan menjadi perhatian dan diminati perbankan. Usaha mikro yang menjadi sasaran utama penyaluran kredit mikro dianggap tidak mampu memmenuhi persyaratan perbankan, sehingga memberikan kredit kepada skala usaha mikro sangat beresiko. Oleh karena itu, Bank BRI yang atas kehemndak sejarah, memilik ribuan unit kerja diberbagai pelosok dan sejak lama telah memberikan kredit kepada masyarakat pedesaan dibiarkan menguasai pangsa pasar kredit mikro.

Namun setelah melihat keberhasilan Bank BRI memberikan kredit komersial kepada pengusaha mikro, serta pengalaman krisis ekonomi yang menunjukan keunggulan usaha mikro, perbankan mulai tertarik menyebarkan portofolio kreditnya pada kredit mikro. Saat ini, persaingan pada kredit mikro mulai terasa dan diperkirakan akan semakin ketat pada masa mendatang, yang akan mengancam  posisi Bank BRI.

 

II. IDENTIFIKASI MASALAH

Untuk menghadapi dan memenangkan persaingan tersebut, Bank BRI  dapat menerapkan analisis swot sebagai  dasar dalam menetapkan strategi alternative perusahaan.

Analisa swot merupakan cara sistemastis yang mengindentifikasi factor-faktor dan strategi yang menggambarkan kecocokan paling baik  diantaranya dapat dilihat situasi dan kondisi yang dihadapi oleh pada masa sekarang.

  1. 1.       STRENGHTHS/KEKUATAN

Adalah suatu keunggulan sumber daya, ketrampilan dan kemampuan lainnya yang relative terhadap pesaing dan kebutuhandari pasar yang dilayani BRI atau yang hendak dilayani yaitu:

  • Sebagai bank milik pemerintah yang berperan mewujudkan visi pemerintah dalam membangun ekonomi kerakyatan.
  • Status badan hokum berupa persero(PT ) berdasarkan  UU perbankan dan focus bisnis pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) BRI telah menginsiprasi berbagai pihak untuk lebih mendayagunakan sektor UKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.
  • Ada komitemen yang kuat dari komisarios dan direksi untuk menerapkan Good Corporate Government (GCG) pada setiap kegiatan usaha BRI dengan membangun pemahaman ,  keperdulian  dan komitmen semua organ perusahaan dan seluruh jajarannya.
  • BRI Go public dan pemerintah melepas 30 %  kepemilikan sahannya kepada public.dengan komposisi saham public mencapai 43 %. Saham bri aktif diperdagangkan dipasar modal. Kini, BRI semakin kokoh berdir I ditengah perekonomian Indonesia dar I desa sampai kota.
  • Nama BRI yang sudah sangat dikenal.
  • Hubungan baik dengan lembaga keuangan internasional dan otoritas moneter.
  • Total investasi tehnologi informasi BRI sebesar  100 juta US Dollar pertahun.
  • Divisi R&D yang selalu inovatif.

 

 

  1. 2.          WEAKNESSES / KELEMAHAN

Adalah keterbatasan/kekeurangan dalam sumber daya ketrampilan dan            kemampuan yang secara serius menghalangi kinerja efektif BRI  yaitu:

  • Koordinasi yang belum berjalan dengan baik dari kantor pusat hingga unit terkecil.
  • Dukungan yang belum memadai dikarenakan alur birokrasi yang panjang.
  • Tingkat keterampilan karyawan yang rata rata rendah.
  • Jumlah karyawan yang terlalu besar.
  • Minimnya biaya promosi.
  • Kurangnya pemetaan potensi pensusuk uang dijadikan sarasan pemasaran kredit.
  • Kwalitas pelayanan kepada nasabah masih rendah.
  • Lemahnya fungsi control mengenai pengadaan barang IT di tubuh BRI.
  • Kurangnya kesadaran peremajaan peralatan IT.

 

 

  1. 3.      OPORTUNITIES/ PELUANG

Adalah merupakan situasi utama yang  yang menguntungkandalam lingkungan BRI adalah:

  • Keluarnya kebijaksanaan pemerintah untuk menyalurkan kredit kesil mikro.
  • Masyarakat mulai “bank minded”
  • Tingkat pertumbuhan ekonomi yang mulai meningkat.
  • Jaminanan keamanan dalam hal perbankan oleh pemerintah.
  • BRI memiliki lebih dari 5000 kantor yang berada diseluruh Indonesia , baik dikota kota besar maupun dikota kota kjecil mahkan didaerah pedesaan.

 

  1. 4.      THREAT /ANCAMAN

Adalah merupakn situasi utama yang tidak menguntungkan dalam lingkungan  BRI yaitu:

 

.  Serangan pasif terhadap jaringan komunikasi dan data.

 

.  Adanya deregulasi pernbankan sehingga memudahkan persyaratan pendirikan bank       yang dapat menjadikan competitor BRI.

 

. Bank  non pemerintah yang terus mengembangkan pengelolaan produk dan aktivitas baru, yang di tunjang dengan penerapan IT yang memadai yang berorientasi pada kepentingan nasabah.

. Bnak Pembangunan Daerah yang terus berkembang sejalan dengan anatomi daerah yang memmebrikan kemudahan kemudahan bagi usaha mikro dengan suku bunga  yang relative rendah.

 

. ancaman likuiditas yang masih cukup tinggi.

 

. krisis ekonomi global.

 

. Tingkat kepuasan pelayanann kepada nasabah yang masih rendah.

 

. Peluncuran produk yang sama  dari competitor.

 

. Iklan dan promosi besar-besaran dari para pesaing.

 

. Berkembangnya Pasar Modal.

 

 

 

 

 

 

III.  KESIMPULAN.

 

Dari analisa kredit swot yang menggambarkan situasi dan kondisi yang dihadapi oleh BRI, maka strategi yang harus dijalan oleh BRI adalah:

 

  1. Ekspansi pinjaman dengan focus pada pembiayaan UKMK  dengan perbaikan feature produk dan kemudahan akses layanan kredit.

 

  1. Peningkatan kualitas layanan didukung oleh Sumber Daya Manusia  yang professional, tehnologi informasi yang handal dan jaringan kerja yang luas.

 

 

  1. Pemetaan potensi penduduk ditingkatkan untuk dijadikan sasaran pemasaran kredit dan simpanan dengan penempatan kantor teras BRI dan  mobil teras keliling diberbagai pasar tradisonal dan diaktivitas usaha lainnya.

 

  1. Peningkatan kompetensi karyawan melalui training, seminar, workshop sesuai dengan keperluan masing-masing bagian.

 

 

  1. Pengembangan filtur-filtur baru dibisnis mikro, ritel, comsumer  banking, treasury, internasional untuk memenuhi kebutuhan para nasabahnya.

 

  1. Peningkatan kegiatan komunikasi pemasaran untuk meningkatkan product awareness dan membentuk coporate image yang baik dimata masyarakat Indonesia.

 

 

 

 

 

 

.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: