Susu Tidak Bikin Gendut

Jakarta – Tak suka susu dan makanan mengandung susu? Mungkin gara-gara mitos susu bikin gendut maka banyak orang takut minum susu. Padahal susu justru menurunkan kadar lemak tubuh. Inilah hasil riset terakhir. Lho kok bisa?

Sejak kecil kita selalu minum susu, namun semakin beranjak dewasa banyak orang justru meninggalkan minuman kaya kalsium ini. Alasannya pun beragam, mulai dari bosan dengan rasanya, alergi, dan yang paling banyak adalah takut gemuk. Hal yang terakhir ini tidak sepenuhnya benar.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dua tahun terakhir justru ditemukan fakta baru. Para peminum susu justru mendapatkan manfaat yang banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak minum susu. Hal ini telah dicatat di the American Journal of Clinical Nutrition.

Penelitian yang dipimpin oleh Danit Shahar dari the Ben-Gurion University of the Negev di Israel, menemukan bahwa orang dewasa yang meminum minimal 2 gelas susu per hari kadar vitamin D dalam tubuh akan meningkat selama enam bulan. Sedangkan kadar lemak dalam tubuh turun lebih banyak setelah 2 tahun jika dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit minum susu.

Lebih dari 300 pria dan wanita usia 40-65 tahun dan dengan bobot tubuh berlebih mengikuti program ini, menurunkan lemak dengan cara Mediterania Diet. Susu rendah lemak mengandung 70 kalori per 100 gram atau 140 kalori per gelas dikonsumsi secara teratur.

Peneliti menemukan bahwa peserta dengan asupan susu berkalsium tinggi selama enam bulan (sekitar 580 mg per hari-jumlah yang hampir sama dengan dua gelas susu), kehilangan sekitar 6 kilogram pada akhir tahun. Hal ini lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit mengkonsumsi susu (rata-rata sekitar 150 mg).

Selain kalsium, kadar vitamin D juga berperan penting dalam menurunkan berat tubuh. Meskipun susu sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh, namun belum banyak orang yang menyadari betapa pentingnya susu. Hal ini terlihat dari jumlah susu yang seharusnya diminum setiap hari masih di bawah jumlah yang dianjurkan. Dalam sehari setiap orang dewasa seharusnya mengkonsumsi susu sebanyak 400 (IU) atau sekitar empat gelas susu rendah lemak.

(eka/Odi)

dari : http://www.detikfood.com/read/2010/11/10/161108/1491490/900/susu-tidak-bikin-gendut?881104284

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: