Yang Perlu Diketahui Saat Anak Mulai Merangkak

Yang Perlu Diketahui Saat Anak Mulai Merangkak
http://www.wolipop.com/read/2010/09/15/100316/1440809/857/yang-perlu-diketahui-saat-anak-mulai-merangkak

Jakarta – Saat bayi mulai merangkak, ini merupakan fase kehidupan dan pengalaman pertama bagi sang bayi dan ibunya. Berikut adalah tiga hal yang harus Anda ketahui mengenai fase merangkak ini.

1. Persiapan awal.
Seperti yang dikutip dari sheknows, merangkak biasanya diawali dengan berguling-guling. Menurut dokter anak, Tracey Drummond, M.D., dari East Scottsdale Medical Care, “Perkembangan bayi memang berbeda-beda tapi biasanya bayi Anda mulai berguling dan bolak-balik sekitar usia empat bulan, maka sebagian besar bayi mulai merangkak setelah tahap itu.”

Hal yang perlu Anda lakukan setelah mengetahui kapan anak Anda akan mulai belajar merangkak adalah mempersiapkan ruangan untuknya belajar merangkak. Jangan tunggu sampai anak bisa merangkak baru kemudian Anda mempersiapkan. Hal tersebut bisa menimbulkan kecelakaan serta cedera pada si kecil.

2. Jaga agar lantai tetap bersih.
Lantai tentunya menjadi tempat yang paling sering dikunjungi oleh si bayi. Oleh karena itu sapu atau sedot debu lantai dan karpet sesering mungkin.

Hindari anak dari benda-benda kecil di lantai seperti uang koin, potongan makanan anjing atau mainan yang berserakan karena bisa memungkinkan bayi untuk memasukkan benda-benda tersebut ke dalam mulut.

3. Anak Anda tidak merangkak sama sekali.
Merangkak merupakan langkah awal sebelum si bayi akhirnya belajar berjalan, tetapi bila anak Anda tidak merangkak, jangan khawatir. “Beberapa anak merangkak, beberapa hanya berguling-guling saja sebelum mereka akan berjalan dan sebagian lainnya langsung menarik diri untuk berdiri lalu kemudian berjalan,” kata Drummond.

Jadi tidak perlu perlu khawatir jika anak Anda tidak merangkak. Menurut Drummond semua variasi ini adalah normal. Namun, jika Anda tetap merasa khawatir terhadap perkembangan anak karena tidak juga merangkak, buatlah janji dengan dokter anak secepat mungkin untuk membicarakan masalah ini.

(eya/eya)

2 Tanggapan

  1. co szukalem, dzieki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: