Agar Si Kecil Tidak Stres Saat Mengerjakan PR

Agar Si Kecil Tidak Stres Saat Mengerjakan PR

http://www.wolipop.com/read/2010/09/16/100346/1441504/857/agar-si-kecil-tidak-stres-saat-mengerjakan-pr

Jakarta – Bagi beberapa orang tua, menyuruh anaknya mengerjakan pekerjaan rumah adalah hal yang sulit. Si kecil biasanya cenderung malas atau bahkan merasa ketakutan. Berikut tips membuat waktu mengerjakan pekerjaan rumah agar jauh lebih menyenangkan.

Strategi
Ada strategi tersendiri agar si anak lebih bersemangat mengerjakan pekerjaan rumah. Sama halnya seperti Anda, perlu waktu sedikit untuk mengalihkan pikiran dari kantor ketika sampai di rumah, anak pun juga seperti itu.

Seperti yang dikutip dari sheknows, biarkan si kecil memiliki 20 hingga 30 menit untuk bermain di luar, mengemil atau apa pun yang mereka ingin lakukan sebelum memulai pekerjaan rumah.

Tuliskan jadwal pada kalender si kecil seperti, “Hari Selasa, kamu ada les piano pada jam 5 sore, jadi kerjakan pekerjaan rumah seusai sekolah.” Hal ini akan membantu ia mengetahui dengan jelas kapan waktu belajar dan bermainnya.

Perlengkapan
Setelah itu, jangan lupa siapkan ‘amunisi’ saat si kecil akan mengerjakan tugas. Letakkan dalam kotak pensil yang besar berbagai peralatan kebutuhan si kecil seperti, pensil, penghapus, krayon, pensil warna, spidol, penggaris, lem, kertas atau apa saja yang mereka butuhkan. Selain itu, berikan istirahat selama lima menit untuk istirahat. Saat sedang istirahat, berikan si kecil snack sehat agar ia senang seperti, potongan buah apel, biskuit keju atau makanan lain yang dapat membuat si kecil fokus.

Saat si kecil sedang melakukan pekerjaan rumahnya, jauhkan ia dari suara-suara yang bising. Jadi, jangan lupa untuk mematikan TV, radio dan telepon.

Tempat
Meja belajar, meja makan dan sofa ruang TV adalah tempat yang baik untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Anda pun bisa mengawasinya dengan baik sambil melakukan pekerjaan lainnya.

Namun jika si kecil memaksa untuk mengerjakan di tempat lain, biarkan saja. Tetapi jangan lupa memberinya satu syarat yaitu, jika nilainya menurun, Anda akan menentukan dimana ia akan mengerjakan pekerjaan rumahnya.

(eya/eya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: