PAge Rank

Apa Itu PageRank

PageRank adalah nilai atau ranking dari suatu halaman situs web yang diberikan oleh Google dalam skala 1-10. Nilai ini didapat melalui algoritma perhitungan tertentu yang didasari oleh jumlah dan kualitas dari backlink yang dimiliki oleh halaman situs web yang bersangkutan. Karena ada unsur “kualitas”, maka besarnya PageRank tidak selalu sebanding dengan jumlah tautan baliknya.

Bagi Google, PageRank dikembangkan untuk menggambarkan popularitas dan kualitas dari suatu situs web. Semakin besar nilai PR-nya, berarti diasumsikan bahwa situs tersebut semakin populer dan berkualitas baik. Beberapa program pendulang $$$, Text-Link-Ads misalnya, turut memanfaatkan PageRank untuk menentukan layak tidaknya suatu situs bergabung pada program mereka.

Menaikkan PageRank

Cara termudah untuk menaikkan PageRank tentu saja dengan memperbanyak jumlah backlink. (Advanced) Dummy blogging maupun DP Co-Op terbukti ampuh untuk itu. Social bookmarking juga masih berperan, meskipun sudah tidak berada di masa-masa kejayaannya.

Mitos Seputar PageRank

Beberapa mitos yang salah seputar PageRank:

  • PageRank berlaku untuk keseluruhan halaman pada satu nama domain –> Masing-masing halaman situs web memiliki nilai PageRank sendiri
  • PageRank mempengaruhi SERP di Google –> PageRank tidak berpengaruh pada posisi situs kita di mesin pencari apa pun
  • PageRank mempengaruhi CPC AdSense –> PageRank tidak berhubungan sama sekali dengan AdSense
  • Semakin sering update, semakin tinggi PageRank –> Frekuensi update tidak berpengaruh terhadap nilai PageRank
  • Tool PageRank Prediction selalu tepat –> Tidak ada satu orang pun (kecuali staff Google) yang mengetahui dengan pasti algoritma dari penghitungan PageRank

Semoga tidak bingung lagi dengan PageRank🙂

The following search terms have been highlighted: apa itu backlink?

Banyakin backlink kalau mau dapet ranking bagus di search engine!

Submit ke social bookmark untuk dapet backlink!

Namun sebenarnya, makhluk apa sih backlink itu? Sejenis undur-undur-kah? Atau masih ada hubungannya dengan spesies monyet biru? Bagi yang sudah mengenal jauh tentang SEO tentu akan manggut-manggut saja, tapi bagi newbie, mendengar kata backlink mungkin akan sama membingungkannya dengan pada saat mereka mendengar nama domain “llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwyll-llantysiliogogogoch.com“. Nah supaya gak bingung lagi, mari kita intip bersama sosok sebenarnya dari backlink🙂

Apa Itu Backlink?

Bahasa sederhananya, backlink atau tautan balik adalah link atau tautan yang didapat oleh situs kita dari situs lain. Misalnya, situs A memberikan link ke situs B, ini berarti situs B baru saja mendapat backlink dari situs A. Berarti pula, situs B saat ini memiliki 1 buah backlink. Tidak susah kan konsepnya?

Untuk bahasan teknisnya, silahkan baca sendiri di Wikipedia. Saya sih malas, toh gak keluar juga di ujian semester, hehehe.

Macam Backlink

Dari arusnya, backlink dapat dibedakan menjadi 3 bagian:

  1. One-Way Backlink
  1. Two-Way Backlink
  1. Three-Way Backlink

Yang pasti menjadi pertanyaan, mana di antara ketiganya yang paling baik? Jawabannya tergantung dari dua skenario berikut ini:

  • Apabila situs yang memberikan backlink sudah terkenal dan memiliki posisi bagus di mesin pencari, maka backlink yang baik adalah tipe One-Way.
  • Apabila situs yang memberikan backlink belum terkenal dan belum memiliki posisi bagus di mesin pencari (atau termasuk dalam dummy blog), maka backlink yang baik adalah tipe Three-Way.

Natural Backlink

Kondisi Natural Backlink atau backlink alami terpenuhi apabila backlink disisipkan dalam konten atau artikel dan dalam bentuk kalimat sehingga terkesan natural. Kebanyakan pemula mengira bahwa untuk mendapat backlink cukup dengan menyertakan link ke situs yang bersangkutan di bagian sidebar, padahal ini tidak tepat dan kurang optimal hasilnya. Selain itu, rawan dianggap sebagai paid link.

Text vs Banner

Satu lagi yang perlu diperhatikan, yang dihitung sebagai backlink oleh mesin pencari adalah link yang berupa teks (atau text link), bukan link yang ada dalam bentuk banner (banner link). Silahkan baca artikel saya yang terdahulu untuk lebih jelasnya.

PageRank vs SERP

Apa sebenarnya tujuan dari mengumpulkan backlink? Menaikkan PageRank? Atau mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari? Kedua jawaban tersebut memang benar, namun pada prakteknya ada sedikit perbedaan implementasi.

Untuk menaikkan PageRank, backlink yang kita miliki harus:

  • Berasal dari situs dengan topik sejenis (baca artikel “Tragedi PageRank Update” sebagai tambahan informasi).
  • Berasal dari situs yang PageRank-nya lebih tinggi. Namun tidak ada salahnya mengumpulkan backlink dari situs ber-PR berapapun karena tetap akan diperhitungkan dalam penilaian PageRank.

Sedangkan apabila tujuan kita adalah untuk menaikkan ranking di search engine, maka:

  • Backlink dapat dikumpulkan dari berbagai situs. Tapi tetap saja, utamakan backlink dari situs bertopik sejenis.
  • Backlink usahakan berupa Natural Backlink.
  • Backlink harus menggunakan variasi keyword yang dibidik pada anchor text. Usahakan pula untuk melakukan deep linking atau link ke halaman-halaman lain pada situs yang bersangkutan.

Sumber Backlink

Pokok bahasan terakhir, darimana saja kita bisa mengumpulkan backlink? Atau, bagaimana caranya mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya?

Sebetulnya masih banyak lagi, jadi silahkan berkreasi sendiri saja. Yang jelas, HINDARI menggunakan tool-tool yang mengklaim bisa menghasilkan ribuan backlink bagi situs Anda dalam hitungan jam atau hari. Selain tidak efektif, juga 99% berpotensi dianggap spam oleh mesin pencari.

Semoga bermanfaat dan tidak bingung lagi dengan backlink🙂

4 Tanggapan

  1. Do you think text ads are still effective advertising?
    They don’t seem to get much attention when I use them.

    • Thank You for your attention

      I just upload this dokumen to get job😀

      Thanks

  2. Anyone know of a place where I can buy paintings of Viking ships? I’m remodeling my office and want the paintings to keep the Viking theme, but finding anything with a Viking boat hasn’t been easy.

  3. Ahaa, its nice discussion on the topic of this article here at this webpage,
    I have read all that, so at this time me also commenting
    here.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: